Tuesday, July 23, 2019
Pintu gerbang Pondok Pesantren Al-Khoiriyah | Dok Ponpes
Pintu gerbang Pondok Pesantren Al-Khoiriyah | Dok Ponpes

Sebagaimana telah diungkapkan bahwa lokasi kami beradai di Desa TImbul Jaya Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Termasuk daerah tertinggal dan terisolir. Dalam data peta wilayah kabupaten, desa dan kecamatan ini masuk dalam desa terpencil, sehingga guru-guru PNS sebagian besar memoperolah tunjangan daerah  terpencil.

Sampai dengan 15 tahun penempatan di lokasi transmigrasi ini, banyak masyarakat yang hidup dari merantau ke pulau bangka menjadi buruh tani, petik merica dan tambang timah ilegal.

Pembangunan sangat lambat. Akses jalan masih belum dibangun. Masyarakat kebanyakan gotong royong sendiri membangun jalan. setelah 30 tahun lebih, pemerintah baru membangun jalan menuju kota, itupun masih jalan tanah. Jalan tanah ini pada musim hujan benar-benar tidak bisa dilewati, atau mengakibatkan warga harus menginap di tengah jalan karena kendaraan terbenam.

Sangat tertinggal, dengan transportasi utama adalah sungai. Ditempuh 4 jam ke kota terdekat dengan speedboat, dan 12 jam menggunakan perahu motor. Mobilitas warga sangat terbatas, bahkan banyak wargayang pertama datang ke lokasi ini yang belum pernah sama sekali ke kota.

Penerangan listrik baru diadakan tahun 2015 ini, setelah lebih dari 30 tahun.